Sel. Feb 18th, 2020

Korel Lampung

Inspirasinya Masyarakat Lampung

Nanang : Bela Negara Harus Sesuai Dengan Kondisi Kekinian

2 min read

KALIANDA – Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, pimpin upacara peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang disatukan dengan Upacara Bulanan Pemkab Lampung Selatan di lapangan korpi kalianda, Lampung Selatan, Selasa 17 Desember 2019.

Pada rangkaian kegiatannya, upacara dilakukan secara khidmat dimana seluruh peserta upacara mengucap Ikrar Bela Negara dan Panca Prasetra Korpri.

Dalam Amanatnya Nanang Ermanto mengatakan, bela Negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar.

Nanang Juga Menyampaikan perang di era modern saat ini bukan sekadar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat dengan mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia.

“Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekadar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat”, Ucap nanang membacakan sambutan Presiden RI.

“Tanpa sikap dan perilaku bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang di cita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang,” jelasnya.

Pada kesempatan itu pula nanang menyampaikan inovasi telah dapat diraih oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan baik ditingkat daerah maupun tingkat nasional, antara lain ;

Terbaik ke-4 tingkat nasional dalam penangan Konflik sosial;
Pakarti Utama III tingkat Nasional Kategori lingkungan bersih;
Penghargaan Prasetya Pertama Kementeraian Kesehatan RI dalam rangka Hari Tanpa Tembakau;
Penghargaan sebagai Kabupaten Cukup Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM;
Penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
Penghargaan Kompas Gramedia Award kategori Kesehatan (program unggulan terapi sentuh dan pelayanan kependudukan online);
WTP dari Kementerian Keuangan terhadap pengelolaan keuangan;
Dan beberapa hari lalu kita juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian atas komitmen kita terhadap kemajuan bidang perkebunan;
Penghargaan Adiwiyata Tingkat nasional dari Kementerian Lingkkungan Hidup; serta
Sebagai juara 3 tingkat nasional Lomba masak serba ikan pada peringatan Hari Ikan Nasional ke-6.
Peringatan Hari Bela Negara sendiri sejatinya diperingati setiap tanggal 19 Desember, Dimana Hari Bela Negara (HBN) adalah hari bersejarah Indonesia untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra Barat pada tanggal 19 Desember 1948. Keputusan ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 28. (Rk KMF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.